LSP-P1 Sekolah Tinggi Pariwisata Trisakti selenggarakan Pelatihan Calon Asesor Kompetensi dan RCC Gelombang ke-2

Untuk merealisasikan visi dan misi-nya menjadi pusat unggulan pendidikan pariwisata di Indonesia,  Program Pendidikan Vokasi Sekolah Tinggi Pariwisata Trisakti memandang  perlu untuk meningkatkan kompetensi sumber daya manusianya terutama para dosen-dosen dibidang Vokasi dan Non Vokasi.  Cara yang tepat  untuk pengembangan SDM ini adalah salah satunya melalui sertifikasi profesi. Program pendidikan vokasi bekerjasama dengan Lembaga Sertifikasi Profesi P1 Sekolah Tinggi Pariwisata Trisakti, membuat pelatihan mandiri Calon Asesor Kompetensi  dan RCC gelombang II. Pelatihan tersebut sangat penting dilaksanakan karena para SDM inilah yang akan melakukan pengujian kompetensi bagi para mahasiswa Sekolah Tinggi Pariwisata Trisakti sebelum mereka terjun ke dunia Industri dan mampu bersaing dengan tenaga kerja asing.

Untuk mampu sebagai seorang penguji kompetensi, maka SDM ini harus memiliki sertifikasi asesor yang dikeluarkan oleh lembaga resmi milik pemerintah. Sertifikasi adalah proses untuk mendapatkan pengakuan resmi (keabsahan) atas kompetensi yang dimiliki oleh seseorang pada bidang tertentu. Untuk mendapatkan pengakuan tersebut, peserta sertifikasi uji kompetensi harus melalui tahapan-tahapan yang ditentukan dalam setiap skema sertifikasi yang telah ditetapkan. Dalam asesmen (penilaian) dilakukan oleh seorang asesor kompetensi. Persyaratan sertifikasi inipun sudah menjadi persyaratan yang wajib diikuti oleh para tenaga kerja didalam industry pariwisata dikawasan ASEAN dan pada tahun 2020 nanti menjadi persyaratan global.

Berdasarkan alasan itulah Pengembangan SDM bagi para Tenaga pendidik Program Vokasi Sekolah Tinggi Pariwisata Trisakti yang bekerjasama dengan Lembaga Sertifikasi Profesi P1 Sekolah Tinggi Pariwisata Trisakti telah mengikuti pelatihan untuk menjadi asesor kompetensi dari BNSP. Setelah memiliki sertifikat asesor BNSP,  diharapkan memiliki kualifikasi yang relevan dan kompeten untuk melaksanakan asesmen kompetensi.

Program Pendidikan Vokasi Sekolah Tinggi Pariwisata Trisakti bekerjasama dengan Lembaga Sertifikasi Profesi P1 Sekolah Tinggi Pariwisata Trisakti  dan Badan Nasional Sertifikasi Profesi (BNSP) mengadakan “Pelatihan Work Place Assessor Gelombang 2 ” pada tanggal 27 Februari sampai dengan 3 Maret  2017 di STP Trisakti. Kegiatan tersebut diikuti 21 peserta Tenaga Pendidik /Dosen Sekolah Tinggi Pariwisata Trisakti.

Acara dibuka oleh Ketua Sekolah Tinggi Pariwisata Trisakti, Fetty Asmaniati, SE.M.M, didampingi oleh Direktur Program Vokasi, Ir. Fachrul H. Habibie, M.M serta Direktur LSP-P1 Sekolah Tinggi Pariwisata Trisakti. Pelatihan ini dipandu oleh 2 orang Master Assessor BNSP yakni; Ibu Dewi Eka Arini dan Ibu Tri Darawanti Roesfian, selama 40 jam.

Indikator keberhasilan yang diharapkan tercapai setelah mengikuti pelatihan selama 40 jam, peserta akan  diuji lebih lanjut terhadap hasil pelatihannya oleh Master Assessor Penguji BNSP. Adapun yang diuji adalah:

  1. Mampu merencanakan dan mengorganisasikan asesmen.
  2. Mampu mengembangkan perangkat asesmen.
  3. Mampu melakukan asesmen kompetensi.
  4. Mendapatkan sertifikat pelatihan asesor kompetensi.
  5. Mendapatkan sertifikat asesor kompetensi dari Badan Nasional Sertifikasi Profesi (BNSP), jika calon asesor dinyatakan Kompeten oleh Master Assessor Penguji.


/nws.lsp-p1.stptrisakti