Tujuan Sertifikasi Profesi

  1. Menghasilkan lulusan yang memiliki kompetensi dibidang pariwisata yang dapat dibuktikan dengan sertifikat kompetensi sebagai sertifikat pendamping ijasah.
  2. Sertifikasi profesi yang diberikan kepada peserta didik akan lebih memberikan jaminan bagi lulusan dalam memasuki dunia kerja dan usaha di ruang lingkup Industri Pariwisata  nasional maupun global.
  3. Meningkatkan kualitas serta nilai jual lulusan dalam memasuki pasar kerja global
  4. Menjamin bahwa proses pendidikan yang dijalankan dalam menyiapkan tenaga kerja yang kompeten sudah memenuhi standar yang diharapkan.

Untuk menunjang serta mendukung visi,misi dan tujuan Sekolah Tinggi Pariwisata Trisakti, maka dibentuklah Lembaga Sertifikasi Profesi P1 (LSP) PARIWISATA TRISAKTI yang  merupakan  lembaga pendukung BNSP yang bertanggung jawab melaksanakan sertifikasi kompetensi profesi. LSP yang dibentuk wajib berbadan hukum dan dibentuk oleh asosiasi profesi dan asosiasi industri/pengguna, dinas dan instansi terkait yang diakreditasi oleh Badan Nasional Sertifikasi Profesi (BNSP) dengan Nomor Lisensi :SK Ketua Badan Nasional Sertifikasi Profesi 0669/BNSP/V/2016.

LSP P1 Pariwisata TRISAKTI  mempunyai tugas mengembangkan standar kompetensi, melaksanakan uji kompetensi, menerbitkan sertifikat kompetensi serta melakukan akreditasi Tempat Uji Kompetensi untuk melakukan pembenahan sistem pembinaan sumber daya manusia yang berorientasi pada kebutuhan dunia kerja sehingga tenaga kerja kita diakui kompetensinya oleh pihak pengguna/dunia industri.Sumber daya yang kompeten tidak cukup dibekali dengan Ijazah, tetapi dengan sertifikat kompetensi yang diakui oleh Badan Nasional Sertifikasi Profesi.

Great to know

LSP-P1 STP Trisakti Jakarta mengacu pada Standar Kompetensi Kerja  yang dimiliki yakni, Kompetensi Kerja Nasional Indonesia (SKKNI) dibidang pariwisata (Hotel dan Usaha Perjalanan Wisata) dan Sertifikasi Tenaga Kerja. Dalam melaksanakan uji komptensi dibidang Perhotelan dan Usaha Perjalanan Wisata dengan kualifikasi sebagai berikut :

  1. SERTIFIKASI KOMPETENSI KERJA

Pemberian sertifikat dilakukan secara sistematis dan obyektif, melalui uji kompetensi standard kerja bidang pariwisata tingkat nasional dan internasional

  1. PROGRAM SERTIFIKASI

Beberapa ruang lingkup sertifikasi andalan yang dilaksanakan meliputi bidang pariwisata yang telah ditetapkan oleh LSP P1 – Pariwisata Trisakti.

  1. ASESOR KOMPETENSI

Asesor tingkat nasional dan daerah yang mempunyai kualifikasi yang relevan dan kompeten untuk melaksanakan penilaian kompetensi bidang pariwisata.

  1. MANFAAT DAN PELUANG SERTIFIKASI

Sekolah Tinggi Pariwisata Trisakti yang memiliki jaringan kerjasama yang luas di lingkungan lembaga dan insan pariwisata, diharapkan para peserta program sertifikasi akan mendapat kesempatan meraih peluang memasuki dunia  kerja bidang pariwisata.